10 Contoh Teks Ulasan Buku, Ciri, Tujuan Dan Kaidah Kebahasaan

contoh teks ulasan

10 Contoh Teks Ulasan Buku, Ciri, Tujuan Dan Kaidah Kebahasaan

 

bpbd.lampungprov.go.id  –   Di era modern ini dunia ilmu pengetahuan yang semakin luas dan maju, menuntut seseorang yang bergelut di dunia pendidikan harus mengetahui tata cara mengulas buku atau sebuah karya lainnya. Tetapi dalam pelaksanaanya masih minim pengetahuan tentang tata cara mengulas sebuah buku, masih sering ditemukan banyak kesalahan dalam mengulas buku atau karya.

Fungsi mengulas sebuah buku dalam dunia pendidikan adalah untuk menambah kutipan dalam sebuah laporan, proposal, skripsi, tesis, disertai atau tugas lainnya yang membutuhkan kutipan.
Selain dalam dunia pendidikan yang membutuhkan ulasan, juga diperlukan dalam mengulas

contoh teks ulasan
contoh teks ulasan

 

buku yang baru saja diterbitkan. Fungsinya untuk menilai dan menimbang buku yang baru saja diterbitkan untuk mengetahui gambaran mengenai buku tersebut. Banyaknya buku-buku yang diterbitkan baik buku fiksi maupun buku non-fiksi. Fungsi ulasan dalam hal ini adalah untuk

mengetahui isi buku secara ringkas mengenai isi, gaya bahasa, kualitas buku, kelemahan dan kelebihan buku untuk bisa membandingkan dengan buku lainnya. Gunanya agar calon pembeli buku mudah memilih buku mana yang akan dia pilih dan beli, selain itu berguna untuk penerbit dalam penjualan bukunya dan untuk penulis bisa memperbaiki karya dalam terbitan berikutnya.

Mengingat pentingnya mengulas buku atau karya dalam berbagai bidang, maka makalah ini berisi tentang cara mengulas buku sesuai tata cara yang benar dan memahami langkah atau tahapan untuk melakukan sesuatu . Untuk membantu siapapun yang kesulitan dalam proses pembuatan ulasan sebuah buku ataupun karya.

 

Apa itu teks ulasan?

Teks ulasan adalah teks yang berisi ulasan/ penilaian review terhadap suatu karya (film/drama/buku). Disaat mengulas sebuah film dan drama kita harus bersikap kritis agar berkontribusi untuk kemajuan drama, buku dan film kedepannya. Adapun tujuan teks ulasan untuk menunjukkan sudut pandang atau keberpihakan penulis terhadap suatu hal atau karya sementara.

 

Tujuan teks ulasan?

Lalu apa tujuan membuat teks ulasan? Tujuan utamnya yaitu untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai tentang standar kelayakan dan kepatuta sebuah karya. Dengan kata lain, teks ulasan memberikan peryimbangan berupa informasi kepada masyarakat akan kehadiran suatu karya, apakah karya tersebut layak diterima atau tidak, sesuai selera pembaca atau tidak, patut mendapat sambutan atau tidak, memiliki nilai jual atau tidak, ada yang baru ataukah hanya sekedar mengubah karya sebelumya.

Selanjutnya, secara terperinci tujuan penulisan teks ulasan, yaitu :

  1. Membantu pembaca mengetahui gambaran dan kritikan terhadap suatu karya
  2. Mengetahui keleihan dan kekurangan kkarya seni yang diresensi
  3. Memberikan informai latar belakang dan alasan suatu karya diterbitkan
  4. Memberikan informasi yang komprehensif dan alasan suatu karya di terbitkan
  5. Mengajak pembaca untuk merenungkan, memikirkan dan mendiskusikan permasalahan yang mucul dalam suatukarya
  6. Memberikan pertimbangan kepada pembaca tentang nilai kepantasan sebuah karya
  7. Memudahkan pembaca untuk mengidentifikasikan hubungan suatu karya dengan karya karya lain serupa atau sejenis
  8. Memberikan pertimbangan kepada pembaca sebelum memilih, membeli, atau menikmati suatu karya.

 

Jenis-jenis teks ulasan?

Berdasarkan isinya, teks ulasan dibagi menjadi :

  1. Teks ulasan informatif

Ualsan ini berisi gambaran singkat, padat, danumum dari suatu karya. Ulasan ini tidak menyampaikan keseluruhan isi suatu karya, melaikan hanya memaparkan bagian bagian penting saja dan menekankan pada keunggulan dan kelemahan dara akarya tulis yang di ulas.

  1. Teks ulasan Deskriptif

Teks ulasan ini membahas secara detail pada taiap bagian suatu karya. Teks ulasan ini umumnya dilakukan pada karya fiksi guna mendapatkan gambaran jelas tentang manfaat, pentingnya informasi, dan kekuatan argumentatif yang dituangkan oenulis di dalam suatu karya.

  1. Teks ulasan Kritis

Teksini berbentuk ualasan terperinci terhadap suatu karya dengan mengacu pada metode dan pendekatan ilmu pengetahuan tertentu. Teks ulasan ini dibuat dengan benar benar objektif dan kritis, bukan berupa pandangan pembuat reensi. Contohnya melakukan ulasan pada novel dan karya fiksi lain menggunakan pendekatan feminis dan sosiologi.

 

 

Kaidah kebahasaan teks ulasan?


Nah berikut ini kaidah kebahasaan yang terkandung dalam teks ulasan:

  1. Teks ulasan drama/film/buku berisi penonjolan terhadap unsur-   unsur karya seni yang hendak diulas.
  2. Menggunakan kata-kata opini atau persuasif.
  3. Menggunakan konjungsi internal dan konjungsi eksternal.
  4. Menggunakan ungkapan perbandingan (persamaan/perbedaan).
  5. Menggunakan kata kerja material dan kata kerja relasional.

 

Ciri-ciri teks ulasan buku?

Ciri-ciri struktur teks ulasan yaitu:

  • Strukturnya terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman.
  • Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis mengenai suatu karya atau produk.
  • Opininya berdasarkan fakta yang di interpretasikan
  • Memiliki nama lain yaitu resensi.

 

 

Bagaimana struktur teks ulasan buku?

Ada 4 hal yang menyusun sebuah teks ulasan sehingga teks tersebut menjadi utuh. Berikut ini struktur dari teks ulasan:

  1. Orientasi, berisi pengenalan tentang gambaran umum mengenai sebuah karya (drama, film, atau buku) yang akan di riview atau ulas. Sehingga membuat pembaca mengetahui mengenai apa yang akan di ulas.
  2. Tafsiran, berisi gambaran detail mengenai sebuah karya (film, buku, dan drama) yang diulas, contohnya, kualitas, keunikan, keunggulan, bagian karya, dan lainnya.

10

  1. Evaluasi, berisi pandangan dari pengulas terhadap hasil karya yang diulas. Dilakukan setelah melakukan tafsiran, sehingga pengulas bisa memberi bagian yang mempunyai nilai dan bagian yang kurang.
  2. Rangkuman, berisi kesimpulan dari ulasan terhadap suatu karya (drama, film, dan buku). Pengulas biasanya memberikan komentar apakah film, drama, dan buku yang baru saja diulas berkualitas atau tidak.

 

Langkah-langkah membuat teks ulasan?


Langakah-langkah untuk mengulas sebuah buku dalah sebagai berikut :

  1. Mencari buku yang akan diulas.
  2. Membaca secara kritis.
  3. Membuat ringkasan.
  4. Menentukan kriteria penilaian.
  5. Mencari buku pembanding dan referensi untuk rujukan.
  6. Menulis ulasan yang dimaksud.

 

Contoh teks ulasan buku?

Identitas Buku
Judul buku     : SAH : Sudahi Atau Halalkan
Penulis           : @NikahAsik
Penerbit          : Wahyu Qolbu
Cetakkan I      : 2016
Tebal buku     : 228 halaman
ISBN              : 6027413840, 9786027413849
SAH                    : Sudahi Atau Halalkan

11

Orientasi : Sudahi atau halalkan, adalah novel karya @NikahAsik yang menceritakan tentang seseorang yang tengah berada dalam situasi yang menuju kejenjang yang lebih serius, yaitu ke jenjang pernikahan. Dimana pada prinsipnya sebuah hubungan itu harus dilandasi dengan rasa cinta yang dimiliki oleh sepasang kekasih. Namun bila cinta itu tidak dilandasi atas dasar cinta ataupun paksaan dan juga sekalipun cinta itu menggangtung, untuk apa juga dipertahankan. Intinya dalam sebuah hubungan harus ada sebuah status yang jelas. Jika kita memang niat karna Allah Ta’ala ingin memiliki seseorang itu dalam hidup kita maka halalkanlah dia, ini bagi yang laki-laki kepada perempuannya, sebaliknya jika anda laki-laki tidak memiliki perasaan apapun pada perempuan yang sedang anda dekati, maka sudahilah. Karna tidak ada gunanya hubungan tanpa status yang jelas. Karna bagi perempuan itu sangatlah menyakitkan.

Tafsiran : Pada awal kisah novel ini, sang penulis menceritakan bagaimana ekspresi dari papa Yanza yang meminta ketegasan dari Irawan mengenai hubungannya bersama Yanza. Papa Yanza bertannya sama Irawan, kapan Irawan mau melamar Yanza. Namun Irawan meminta waktu sama papa Yanza, dan diberikan waktu selama 2 bulan. Mama dan papanya Yanza sangat memikirkan keadaan anaknya. Mamanya pun menyuruh Yanza untuk sholat malam untuk meminta petunjuk pada Allah. Tiba dihari H. Hari yang paling ditunggu-tunggu Yanza yaitu kedatangan Irawan ke rumahnya. Tak lama datanglah orangtua Irawan kerumah Yanza, tapi yang anehnya Orang tuanya Irawan malam bertannya keberadaan Irawan pada Yanza dan keluarganya. Ketika Yanza bilang bahwa ia menunggu Irawan untuk melamar, orang tua Irawan terkejut, karena Irawan tidak pernah bercerita apapun mengenai hal itu. Mama Irawan pun meminta maaf pada Yanza. 1 bulan kemudian, Darma datang melamar Yanza. Ketika Darma duduk, dan tak lama Darma langsung

12

bicara keintinya, Darma bilang bolehkan Yanza menjadi calon istri saya. Mama Yanza tidak bisa menjawab, karena semua itu bergantung pada Yanza. Namun Yanza pun menjawab iya, dan mereka pun 2 minggu kemudian mengadakan lamaran dan menentukan hari pernikahan mereka.
Evaluasi, novel ini membuat para pembaca khususnya para laki-laki untuk lebih bisa menghargai wanita, jika memang tidak mencintai wanita kenapa harus didekati, jika memang serius harusnya cepat dihalalkan saja, jangan sesekali membuat hati wanita kecewa. Novel ini memiliki cerita inspiratif yang menarik, karena cerita ini memang ada di kehidupan kita. Cerita ini juga sangat membangun, dan juga mengunakan kata-kata yang baik.

Simpulan, novel ini cocok dibaca oleh semua kalangan terutama pada pasangan yang ingin atau berada pada situasi yang seperti ini. Intinya seperti ini, kita itu berhubungan harus memiliki atau dilandasi oleh rasa cinta, nyaman, dan juga yang pastinya hubungan itu harus jelas statusnya apa, khususnya pada laki-laki, janganlah sesekali mempermainkan wanita, jika memang kamu serius ingin memilikinya maka dekatilah dia lalu halalkan dia, tapi jika kau tidak suka pada nya janganlah kau dekatinya ataupun memberikan harapan palsu padanya.

 

Baca Juga :